BAB III
METODE PENELITIAN
( البحث منهج )
3.1 Jenis Penelitian ( البحث نوع )
Jenis atau metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang didasarkan pada pembentukan model kausal dan analisis korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang linier antara peubah bebas X dengan peubah respon Y yang menyatakan hubungan antara prestasi mata pelajaran Matematika dengan prestasi mata pelajaran bahasa Arab kelas IX Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Darul ‘Ilmi Kemiling Permai Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014.
3.2 Waktu dan Tempat Penelitian(زمان ومكان البحث)
Penelitian ini dilaksanakan pada 22 Maret 2013 sampai dengan 29 Maret 2013 bertempat di SMPIT Darul ‘Ilmi Bandar Lampung.
3.3 Sumber Data (البيانات مصدر )
Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil ujian sekolah siswa kelas IX SMPIT Daarul ‘Ilmi Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Data yang dimaksud adalah nilai Matematika dan nilai bahasa Arab.
3.4 Populasi dan Sampel (الأمثال)
Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPIT Darul ‘Ilmi Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 yang mendapatkan nilai Matematika dan nilai bahasa Arab. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPIT Darul ‘Ilmi Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri atas kelas IXA sebanyak 19 siswa dan kelas IXB sebanyak 15 siswa.
3.5 Teknik Pengumpulan Data (البيانات جمع تقنيات )
Perumusan hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat hubungan yang linier antara peubah X mata pelajaran matematika dan peubah tak bebas Y mata pelajaran bahasa Arab. Untuk menguji hipotesis tersebut data pada penelitian ini dikumpulkan melalui dokumentasi guru mata pelajaran yaitu dari guru matematika kelas IX dan guru bahasa Arab kelas IX, berupa nilai UAS kelas IX SMPIT Darul ‘Ilmi Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Soal-soal UAS untuk kedua mata pelajaran tersebut disajikan pada lampiran.
3.6 Teknis Analisis Data ( البيانات تحليل المنهج )
Data penelitian diolah dan kemudian dianalisis melalui analisis regresi dan analisis korelasi melalui tahapan tahapan sebagai berikut:
a. Analisis Regresi
Analisis regresi dipergunakan untuk menggambarkan garis yang menunjukan arah hubungan antar variabel, serta dipergunakan untuk melakukan prediksi. Analisa ini dipergunakan untuk menelaah hubungan antara dua variabel atau lebih, terutama untuk menelusuri pola hubungan yang modelnya belum diketahui dengan sempurna. Regresi yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat disebut regresi linier sederhana, sedangkan regresi yang variabel bebasnya lebih dari satu disebut regresi berganda (Multiple regression/multivariate regression), yang dapat terdiri dari dua prediktor (regresi ganda) maupun lebih.
Adapun bentuk persamaan umumnya adalah :
Y= α + βX …………………………… 3.1
Dimana:
= b = ……………… 3.2
= α = …………………… 3.3
Tanda positif pada nilai b atau koefisien regresi menunjukkan bahwa antara variabel bebas dengan variabel terikat berjalan satu arah, dimana setiap penurunan atau peningkatan variabel bebas akan diikuti dengan peningkatan atau penurunan variabel terikatnya. Sementara tanda negatif pada nilai b menunjukkan bahwa antara variabel bebas dengan variabel terikat berjalan dua arah, dimana setiap peningkatan variabel bebas akan diikuti dengan penurunan variabel terikatnya.
Sehubungan dengan adanya persyaratan yang harus dipenuhi sebelum menentukan teknik analisis yang akan digunakan, maka peneliti menggunakan analisis Koefisien Determinasi ( ). Koefisien Determinasi digunakan untuk mengetahui seberapa baik suatu persamaan estimasi dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan antar variabel, dengan kata lain koefisien determinasi adalah pembagian jumlah kuadrat regresi dengan jumlah kuadrat total.
b. Langkah-langkah dalam Analisis Regresi
Ada beberapa langkah yang dilakukan dalam analisis regresi linier sederhana ini, yaitu sebagai berikut:
a. Membuat plot diagram pencar antara peubah X dan peubah Y
b. Menentukan persamaan regresi linier sederhana
Yaitu dengan menggunakan rumus 3.1 dimana:
Y = subjek dalam variabel yang diprediksikan
= harga Y ketika harga X = 0 (harga konstan)
= angka arah atau koefisien regresi, yang menunjukkan angka peningkatan atau penurunan variabel dependen yang didasarkan pada perubahan variabel independen.
c. Koefisien Determinasi
Berpangkal pada dasar pengertian ini, data X dan Y yang dihubungkan oleh regresi linier Y = + X, peneliti dapat menghitung eratnya hubungan antara X dan Y atau mungkin tingkat kontribusi X terhadap Y menggunakan statistik yang dikenal dengan nama koefisien detterminasi, diberi simbol Akar dari adalah r yang biasa di sebut koefisien korelasi.
= 1 - …………………………………….. 3.4
jika persamaan regresi linier Y atas X telah ditentukan dan telah didapat koefisien arah b, maka koefien determinasi dapat ditentukan oleh rumus :
= …………………… 3.5
Koefisien korelasi r ini perlu memenuhi syarat :
a) Koefisien korelasi besar apabila kadar hubungan tinggi atau kuat, dan kecil apabila kadar hubungan itu kecil atau lemah, -1 r 1
b) Koefisien korelasi harus bebas dari satuan yang digunakan untuk mengukur variabel variabel, baik prediktor maupun respon.
d. Ukuran Kualitas Garis Dugaan Regresi dan Penduga
Untuk mengevaluasi apakah garis dugaan dapat digunakan untuk memprediksi nilai Y maka digunakan persamaan sebagai berikut:
= + ..... 3.6
Jumlah Kuadrat Total (JKT) = Jumlah Kuadrat Regresi (JKR) + Jumlah Kuadrat Galat (JKG) atau JKT = JKR + JKG.
Untuk memudahkan perhitungan dibuat tabel Analisis Ragam sebagai berikut:
Tabel 3.1 Analisis Ragam (Varians) Untuk Uji Signifikansi Regresi
Sumber variasi | Derajat bebas (Db) | Jumlah kuadrat (JK) | Kuadrat tengah (JK/Db) | |
Regresi | 1 | JKR | KTR | KTR/KTG |
Galat | n-2 | JKG | KTG | |
Total | n-1 | JKT |
Dengan masing masing nilai kuadrat tengah adalah = (Jumlah Kuadrat)/(Derajat bebas) dan statistic merupakan rasio antara KTR dan KTG atau = (KTR)/(KTG).
BAB V
PENUTUP
(الخاتمة)
5.1 Simpulan (البحث نتائج)
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang berorientasi pada tujuan penelitian, maka dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Ada hubungan positif antara nilai prestasi mata pelajaran matematika dengan nilai mata pelajaran bahasa Arab.
2. Nilai keeratan hubungan antara nilai mata pelajaran matematika dengan nilai mata pelajaran bahasa Arab adalah 0,773 atau memilki keeratan yang kuat untuk nilai -1 ≤ r≤ 1.
3. Hasil pengujian berdasarkan analisis varians menyatakan bahwa persamaan Y = 24,85 + 0,5494 X bisa digunakan untuk memprediksi nilai Y.
4. Nilai koefisien determinasi = 59,7% menyatakan bahwa x dan y berhubungan secara linier dengan kualitas model = 59,7%.
5.2 Saran (والتوصيات الاقترحات )
1. Bagi siswa diharapkan untuk lebih rajin belajar dan tidak membeda-bedakan antara mata pelajaran yang satu dengan yang lainnya.
2. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat menjadi referensi untuk model penelitian regresi dengan variabel yang berbeda.
3. Bagi sekolah, penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi dalam pemetaan kemampuan belajar siswa.
DAFTAR PUSTAKA
(والمصادر المراجع قائمة)
Al-qur an Al-karim
Al-Gulayayny Musthafa syaikh : http : // kutu buku. web.id / 973 / definisi – bahasa Arab diakses 20 / 12 / 2013. 06:30
Dindar hmdani 2013 definisi mata pelajaran : http : // dindar hmdani. blogspot.com / 2013 / 02 / definisi – mata - pelajaran. html di akses 16:33 19/02/2014
Ekahar diyanaksari : http : // ichaituika. blogspot.com / 2013 / 06 / pengertian - prestasi. html di akses 2 / 2 / 2014.14 : 58
Hidayatullah Syarif Mei 25 2009 sepuluh pengertian bahasa menurut para ahli : http://wismasastra.wordpress.com/2009/05/25/apa-bahasa-itu-sepuluh-pengertian-bahasa-menurut-para-ahli/ diakses 6:28 20/02/2014.
Jujun S. Suamantri : http : // www . bimbingan. org / sejarah perkembangan matematika . htm diakses 25 / 01 / 2014, 9 : 17
Knirk & Gustafson dalam Sagala, 2005 : http : // www.scribd.com / doc / 142495575 / Definisi - Pembelajaran minggu.19 – 01 - 2014.13 : 20
Mandzur ibnu dalam Lisan Al- Arab(لسان العرب )
NisaIcha ilmu dan pengetahuan:
Richi rahmat :http:/rickimath's bLog Matematika Sebagai Ratu dan Pelayan Ilmu.htm di akses 23/1/2014. 15:06
Subagio: http://subagiosubagio.blogspot.com/2011/03/indikator mutu pendidikan p.html21/01/2014,21:57
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2007)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: RinekaCipta, 2006)
Suharsimi Arikunto prosedur penelitian suatu pendekatan praktek bab XIV pengumpulan data hal).
Sujdana. metoda statistika .hlm.367.
Sundo nurbono 2013 pengertian pelajaran matematika : http : // matamatika. blogspot.com / 2013 / 01 / pengertian – pelajaran - matematika. html diakses 16 : 34 19 / 02 / 2014
Syair ‘Arab Zuher bin Salma Abi di dalam kitab Silsilah ta’limul lughatul ‘arabiyah mustawa stalist Al adab
Yuliasih Muhamad Arif Heri Masmur Sembiring Suandi Selian Jenal Aripin/http://herimasmur.blogspot.com/2012/01/bahasa-matematika-dan-statistik-sebagai.html di akses 15/02/2014
MAKASIH
ReplyDelete