welcome

WELCOME TO PARA PENCARI ILMU.SITUS INI BERISI TENTANG; ILMU PENGETAHUAN, MAKALAH ILMIAH, ILMU TAJWID, KEISLAMAN, DLL.

Tuesday, September 27, 2016

PERBEDAAN KHUSYU' DAN KONSENTRASI





sujud
sujud

Selama ini ketika kita sholat, sebenarnya kita khusyu' atau cuman konsentrasi saja. Sholat merupakan inti dari segala macam perintah  Allah S.W.T. kepada kaum muslim. Jika baik sholat seseorang, maka akan baik pula ibadah yang lainnya.
Banyak orang yang belum faham antara khusyu' dan konsentrasi, sehingga banyak orang mengira sholat dalam keadaan konsentrasi adalah sama denga sholat dalam keadaan khusyu'.
Nah ..! Sekarang  mari kita perhatikan pada diri kita masing-masing, dan tanyakan pada diri kita sendiri, ketika kita sholat apakah kita khusyu' atau sekedar konsentrasi?...
Mari kita lihat dalam artikel ini apakah kita sholat dalam keadaan khusyu' atau sekedar konsentrasi!.

Pengertian Konsentrasi

Konsentrasi adalah pemusatan perhatian, pikiran dan jiwa dan fisik pada sebuah objek. Konsentrasi menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah "Pemusatan perhatian atau pikiran pada suatu hal".
Jadi jika ketika kita dalam sholat melakuakan pemusatan perhatian pada sebuah objek tertentu, maka sholat kita dalam keadaan konsentrasi.

Penjelasan di atas adalah wawasan mengenai pengertian konsentrasi, dan sekarang bagaimana khusyu' itu sendiri?... 
Untuk memahami makna khusyu' secara benar, perlu melihat dari berbagai sisi, sehingga kita tidak salah dalam menyimpulkan makna tersebut. dan inilah salah satu kelebihan bahasa Arab, yaitu antara nama yang digunakan dengan makna yang dikandung ada hubungan yang erat. salah satunya adalah kalimat "khusyu'".

 Khusyu' dalam Al-Qur an

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلاَقُو رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ
” Dan mintalah pertolongan ( kepada ) Allah dengan sabar dan sholat.
Dan sesungguhhya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang  khusu’ , ( yaitu ) orang-orang yang menyakini , bahwa mereka akan menemui Robb-nya dan bahwa mereka akan kembali kepad-Nya ” ( QS Al Baqarah : 45 -46 ) 


لَوْ أَنْزَلْنَا هَٰذَا الْقُرْآنَ عَلَىٰ جَبَلٍ لَرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُتَصَدِّعًا مِنْ خَشْيَةِ اللَّهِ ۚوَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ
"Kalau sekiranya Kami menurunkan Al Qur'an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir".(Al-Hasr:21)

وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ خَاشِعَةٌ
Banyak muka pada hari itu tunduk terhina,
  
Itulah sebagian kata kata "khusyu'"  yang ada dalam Al-Qur an, dan dan dilihat dari segi maknanya khusyu' bukan pemusatan pada sebuah objek tertentu seperti yang dijelaskan dalam pengertian kosentrasi, akan tetapi khusyuk adalah tunduk, merendahkan diri dihadapan Allah, merasa hina di hadapan Allah.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa jelas sangat jauh perbedaan antara khusyu' dengan kosentrasi, kosentrasi adalah pemusatan pada sebuah objek tertentu sedangkan khusyu' tunduk dan merasa rendah di hadapan Allah S.W.T.

Semoga artikel singkat ini menjadi wawasan dan bermanfaat bagi kita, dan kita bisa memahami perbedaan keduanya, dan ternyata perbedaanya sangat jauh, dan semoga kita bisa sholat dalam keadaan khusyu' . amiiin.






No comments:

Post a Comment