welcome

WELCOME TO PARA PENCARI ILMU.SITUS INI BERISI TENTANG; ILMU PENGETAHUAN, MAKALAH ILMIAH, ILMU TAJWID, KEISLAMAN, DLL.

Friday, September 30, 2016

MUDAHNYA MENGHAFAL AL-QUR AN SEMUDAH TERSENYUM






Banyak orang mengatakan, alangkah sulitnya menghafal Al Qur an, dan banyak lagi alasan alasan lain yang menjadikannya tidak jadi menghafal Al Quran.
padahal kalau kita tau firman Allah ini yang artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (Al Qur’an) dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Dari ayat di atas menjelaskan, bahwa seorang yang selalu membaca Al Qur an senantiasa diberikan oleh Allah anugrah secara diam diam maupun terang terangan, artinya jika menhafalkan Al Qur an otomatis kita membacanya secara berulang ulang sampai tidak terhitung berapa jumlah ayat yang kita baca secara berulang ulang, dan anugrah yang di berikan Allah kepada penghafal Al Quran itu bisa jadi berupa harta, anak, istri sholihah, dll. dan Allah janjikan, orang yang senantiasa membaca dan menghafalnya dijamin tidak akan rugi.

Jika semua orang tau keutamaan memnghafal Al Qur an itu betapa besar pahalanya tentu banyak orang yang menghafalnya, namun tidak semua orang mampu. karena musuh yang paling nyata bagi manusia yaitu syaitan tidak akan tinggal diam menggoda, bagaimana caranya supaya manusia tidak mau membaca ayat ayat Allah dan menghafalnya.

Semoga kita senantiasa mendapat lindungan Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. amiiin.

Sahabat pecinta Al Qur an, bagaimana cara supanya kita tidak keberatan menghafal Al Qur an???
pertama  : niatkan dengan ikhlas bahwa anda ingin menghafal Al Qur an.
kedua : anda harus pegang kuncinya, seperti anda ingin membuka pintu, apa siih kuncinya menghafal??? ... kuncinya menghafal yaitu MAU. anda harus ada kemauan dulu, tanpa ada kemauan anda tidak akan bisa menghafal dengan mudah.
ketiga : buang jauh jauh perasaan sulit yang ada pada sugesti anda, hitunglah jumlah lembar pada setiap juz Al qur an.. umumnya jumlahnya hanya 10 lembar, 11 lembar, paling banyak 12 lembar. bahkan ada yang hanya 9 lembar.
keempat: mari kita meng andai andai dulu sebelum menghafal, kita buat umumnya saja 1 juz 10lembar, seandainya kita mampu menghafal 1 lembar per hari maka dalam 10 hari kita mampu menghafal 1 juz, seandainya kita tidak mampu 1 lebar maka kita buat 1 halaman saja , seandainya  kita mampu menghafal 1 halaman dalam 1 hari maka 20 hari kita hafal 1 juz, jika tidak mampu 1 halaman maka setengah halaman saja , kalu setengah halaman maka 1 juz  bisa kita selesaikan dlam waktu 40 hari, jika kita tetap blm mampu maka 4 baris jika 4 baris dalam sehari maka 1juz bisa anda selesaikan hanya dalam waktu 60 harian. dan seterusnya... begitu mudah bukan. sekemampuan kita saja .. tinggal pilih mana yang kira kira kita mampu mari kita laksanakan dengan istiqomah, ingat kuncinya hanya satu ADA ke MAUan.


sangat mudah bukan shobat... silahkan mencoba..






No comments:

Post a Comment