welcome

WELCOME TO PARA PENCARI ILMU.SITUS INI BERISI TENTANG; ILMU PENGETAHUAN, MAKALAH ILMIAH, ILMU TAJWID, KEISLAMAN, DLL.

Saturday, June 4, 2016

BEKAL MENULIS





       Jangan pernah berfikir bahwa menulis cerpen, cerbung, atau novel yang bagus dan keren cuman bisa dilakukan oleh penulis top dan handal saja. kita jg sama dengan mereka bisa juga menulis seperti mereka yang sudah terkenal tulisannya diman-mana bahkan ada yang sudah di filemkan. pertanyaanya apakah kita jg bisa??? ... Jawabannya "TENTU SAJA BISA". 
       Siapapun bisa menulis termasuk KAMU, terus caranya gimana???... ini yang sering terbesit di pikiran kita ketika kita akan memulainya... tidak masalah kawan itu cuman bayanganmu saja.
       Di artikel ini ada beberapa bekal menulis bagi pemula... ya sebelum kita berangkat bepergian pastikan bekal sudah siap kawan ... dan dalam menulis kamu tentunya punya segudang bekal yang bisa kamu bawa untuk menulis... 
       Oke kawan  .... kita mulai, apa saja bekal bekal menulis itu:
1. MINAT
     Minat penting banget kawan, sebelum kamu tau cara apapun dan bekal apapun untuk menulis, kamu wajib dan harus punya minat terlebih dahulu untuk menulis.
2. NIAT
       Kawan ... kalu kawan sudah ada minat, sekarang harus punya niat. Karena niat yang kuat dari diri kamu untuk menulis, itu berpengaruh besar terhadap kesuksesanmu menjadi penulis handal.
3. BAKAT
       Bakat adalah anugrah Allah kepada seseorang yang tidak dapat kita ganggu gugat, dan tidak boleh kita irikan. tapi kalau kita mau belajar pasti Allah akan berikan kemudahan dalam belajar.
4. MOTIVASI
       Apa motivasi kamu untuk menulis???... 
Motivasi bisa juga menjadi tujuan kamu untuk menulis, banyak orang yang motivasinya berbeda beda, ada yang iseng doang, ada yang bilang daripada nganggur, ada yang memang benar-benar pingin jadi penulis, nah sekarang kamu, APA MOTIVASIMU ?...
5. IMAJINASI
       Kawan jangan dikira orang yang mempunyai imajinasi tinggi itu aneh, justru didalam menulis imajinasi dibutuhkan untuk bekal menjadi seorang penulis. Imajinasi juga akan membuat kamu bisa berkhayal jadi penulis TOP. denga imajinasi kita bisa gambarin hal-hal yang hendak kita tulis.
6. ILMU PENGETAHUAN
         Kawan ilmu pengetahuan yang kamu miliki bisa menjadi bekal kamu menulis. Kalau kamu kaya akan wawasan maka akan mempermudah kamu menulis apapun yang kamu mau.
7. PENGALAMAN HIDUP
        Pengalaman hidup ini modal kaya kamu buat menulis. Kenapa???... karena pengalaman yang kamu alami hanya kamu yang punya.
8. PERJALANAN
         Kawan... kamu suka jalan-jal;an kan? Nah dari situ juga bisa buat modal kamu menulis, ketika apapun yang kamu jumpai, kejadian apapun yang kamu alami disaat dalam perjalanan, bisa kamu buat bahan-bahan karya tulisan kamu.
9. BELAJAR
         Belajar itu sudah pasti. apapun yang akan kamu inginkan, apapun itu mesti dan wajib belajar, termasuk menulis. Belajar, menjadi salah satu bekal menjadi seorang penulis.

10. MENAMBAH WAWASAN
          Jangan sampai kamu diam saja sudah merasa cukup dengan apa yang kamu punya sekarang. 

11. KOMUNIKASI
          Seorang penulis harus bisa berkomunikasi dengan baik. belajar komunikasi juga penting shobat.
12. MEMBUKA DIRI
          Jangan menutup diri ya kawan, itu berbahanya nanti malah dicurigai ma tetangga, hehehehe. jadi harus buka diri agar orang lain juga tau bahwa kamu seorang penulis.
13. PANTANG MENYERAH
        Allah juga menasehati hambanya yang beriman, yang artinya: "dan janganlah kalian berputus asa atas rahmat Allah".
14. DISIPLIN DAN BISA BEKERJA SAMA
         Itulah bekal bekal menjadi penulis... selamat mencoba, semoga sukses kawan... 
 Referensi:  Ari Wulandari,ed.II.yogyakarta:Andi JADI PENULIS FIKSI? GAMPANG KOK! hal.1-18





No comments:

Post a Comment