HUBUNGAN ANTARA PRESTASI MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DENGAN PRESTASI MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
KELAS IX SMP ISLAM TERPADU DARUL ‘ILMI
KEMILING PERMAI BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
(Skripsi)
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mencapai Gelar
Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
Oleh :
Ahmad Khoiri
NPM: 20911104
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH DARUL FATTAH
BANDAR LAMPUNG
2015 M /1436 H
SURAT PERNYATAAN
(إقرار الطّالبة)
Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa :
Nama : Ahmad Khoiri
NPM : 20911104
Alamat : Desa Trantang Sakti Kecamatan Buay Pemuka Peliung Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatra Selatan.
Telah menulis skripsi ini untuk melengkapi dan menyelesaikan tugas akhir sebagai syarat guna mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Islam di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darul Fattah Bandar Lampung yang berjudul “Hubungan Antara Prestasi Mata Pelajaran Matematika dengan Prestasi Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IX SMP Islam Terpadu Darul ‘Ilmi Kemiling Permai Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014” .
Saya telah menulisnya sendiri dan sepanjang pengetahuan Saya, tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.
Bandar Lampung, 11 Maret 2015
LEMBAR PERSETUJUAN
Judul Skripsi : | Hubungan antara prestasi mata pelajaran Matematika dengan prestasi mata pelajaran Bahasa Arab di kelas IX SMP Islam Terpadu Darul ‘Ilmi Kemiling Permai Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014” |
Nama : | Ahmad Khoiri |
NPM : | 20911104 |
Jurusan : | Pendidikan Bahasa Arab |
MENYETUJUI:
Untuk dimunaqosahkan dan dipertahankan dalam sidang munaqosah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darul Fattah (STIT - DF) Bandar Lampung
Pembimbing I Pembimbing II
Drs. Rudi Ruswandi, M.Si Nurkholis, Lc., M.A
NIY. 108103 NIY. 109101
Ketua Jurusan PBA
Hariri Kurniawan, M.Pd.
NIY. 110101
LEMBAR PENGESAHAN
Skripsi dengan judul: “Hubungan Antara Prestasi Mata Pelajaran Matematika dengan Prestasi Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IX SMP Islam Terpadu Darul ‘Ilmi Kemiling Permai Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014”, disusun oleh: Ahmad Khoiri, NPM 20911104, Jurusan: Pendidikan Bahasa Arab telah diujikan dalam sidang munaqosah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darul Fattah Bandar Lampung pada tanggal : 11 Maret 2015.
TIM DEWAN PENGUJI
Ketua : Drs. Rudi Ruswandi, M.Si (……………………..)
Sekertaris : Nurkholis, Lc., M.A (……………………..)
Penguji : Prof. Dr. Warsito, DEA (……………………..)
Ketua STIT Darul Fattah
Nurkholis, Lc., MA
NIY. 109101
PEDOMAN TRANSLITERASI
(الدّليل التّرجمة)
- Konsonan
Huruf Arab | Alih aksara | Keterangan |
ا | A | |
ب | B b | |
ت | T t | |
ث | Ts ts | |
ج | J j | |
ح | Ḥ ḥ | h dengan satu titik di bawah |
خ | Kh kh | |
د | D d | |
ذ | dz dz | |
ر | R r | |
ز | Z z | |
س | S s | |
ش | Sy sy | |
ص | Sh Sh | |
ض | Dl dl | |
ط | Th th | |
ظ | Zh zh | |
ع | ʿ | voiced pharyngeal fricative |
غ | Gh gh | |
ف | F f | |
ق | Q q | |
ك | K k | |
ل | L l | |
م | M m | |
ن | N n | |
ه | H h | |
و | W w | |
ء | tidak dilambangkan atau ' | |
ي | Y y | |
vokal panjang | ā ū | ditandai dengan garis di atas vokal |
اَﻱْ | Ai | Diftong |
اَﻭْ | Au | Diftong |
- Vokal
Vokal pendek ditulis pendek. Contoh:
كَتَبَ | Kataba |
سُعِلَ | Su’ila |
يَذْهَبُ | Yadzhabu |
Vokal panjang ditulis ā ī ū. Contoh:
قَالَ | Qāla |
قِيْلَ | Q la |
يَقُوْلُ | Yaqūlu |
C. Ta’ Marbuthoh (ة)
Transliterasi terhadap kata (al-kalimah) yang berakhiran ta’marbuthoh (ة) dilakukan dengan dua bentuk sesuai dengan fungsinya sebagai shifah (modifier) atau idhofah (genetive). Untuk kata yang berakhiran ta’marbuthoh (ة) yang berfungsi sebagai shifah (modifier) sebagai mudhof ilaih, maka ” ة ” ditransliterasikan dengan “ h ”. Sementara yang berfungsi sebagai mudhof, maka “ ة “ ditransliterasikan dengan “ t ”.
D. Penulisan ”Al-”
Kata sandang (اَلْ) ditulis dengan tanda ”Al-” jika berhadapan dengan huruf-huruf qomariyah, sedangkan jika berhadapan dengan huruf-huruf syamsiyah maka ditulis menyesuaikan dengan huruf syamsiyah yang dihadapi.
Contoh:
اَلْمَدِيْنَةُ = Al-Madinah
اَلتَّسْبِيْحُ = At-Tasbiḥ bukan Al-Tasbiḥ.
RIWAYAT HIDUP
(السيرة الذاتية)
Nama penulis Ahmad Khoiri lahir di Martapura Ogan Komering Ulu Timur Sumatra Selatan, 01 September 1987 beragama Islam, penulis mempunyai hobi membaca dan Bercocok tanam, penulis anak pertama dari dua saudara, alamat penulis Desa Trantang Sakti RT/RW 008/003 Kelurahan Trantang Sakti Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatra Selatan.
Orang tua penulis bernama Bapak Kaswan dan Ibu Tumini beragama Islam, pekerjaan orang tua sebagai petani, alamat orang tua Desa Trantang Sakti RT/RW 008/003 Kelurahan Trantang Sakti Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatra Selatan.
Riwayat Pendidikan pendidikan penulis mulai dari SDN Trantang Sakti Martapura lulus Tahun 1999, kemudian melanjutkan di MTs Pemetung Basuki Martapura lulus Tahun 2002, melanjutkan lagi di MA Pondok Pesantren Darul Huda Lubuk Harjo/Lebak Kajang Belitang BK. 10 Sumatra Selatan, lulus Tahun 2009, kemudian di tahun 2009 penulis masuk Ma’had ‘Aly Darul Fattah Bandar Lampung, lulus Tahun 2012, kemudian meneruskan ke Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Fattah Bandar Lampung Tahun 2012, lulus STIT DF tahun 2015, dan sekarang sedang mengajar di SMPIT Daarul ‘Ilmi Kemiling Bandar Lampung alhamdulilah sampai saat ini.
MOTTO
(الشعار)
يَرْفَعِ اللهُ الَّذِ يْنَ آمَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ أُوْتُوْاالْعِلْمَ دَرَجتٍ
“Allah meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”
(Q.S Al Mujadilah: 11)
PERSEMBAHAN
(الاهداء)
Skripsi ini saya persembahkan kepada :
1. Kedua orang tua penulis, ayahanda Kaswan dan Ibunda Tumini yang selalu mendukung penulis dan senantiasa mendoakan anaknya menjadi anak yang sholeh dan berbakti.
2. STIT DF yang telah menerima penulis sebagai maha siswa jurusan bahasa Arab sehingga penulis mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga dan semoga bermanfaat bagi masyarakat umumnya, dan khususnya bagi penulis.
3. Para asatidz dan dosen yang terus memberikan ilmu dan wawasannya kepada penulis dengan sabar, semoga Allah memberikan kemuliaan disisiNYA kepada beliau semua di dunia dan di akhirat, Amin.
4. Kakak saya Imam Bukhori yang memberikan informasi tentang STIT DF ini dan selalu memotivasi saya agar melanjutkan kuliyah jenjang S1 di STIT DF ini.
5. Ustdz Ohan Waytuba yang memberikan arahan dan bimbingan bahasa Arab kepada saya supaya bisa diterima di STIT DF ini sebelum masuk di perguruan tinggi ini.
6. Teman teman maha siswa senasip seperjuangan yang saling memberikan semangat dalam menuntut ilmu di perguruan tinggi STIT DF ini, semoga kita semua bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya, dan semoga kita terus semangat berdakwah dan berjihad karena Allah SWT.
ABSTRAK
(التجريد والملخص)
HUBUNGAN ANTARA PRESTASI MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DENGAN PRESTASI MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
KELAS IX SMP ISLAM TERPADU DARUL ‘ILMI
KEMILING PERMAI BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
Oleh:
Ahmad Khoiri
Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi juga berperan sebagai alat berpikir dan pemersatu, sama halnya dengan matematika yang banyak dikaji oleh ilmuan dengan menggunakan bahasa Arab dan simbol-simbol Arab yang diungkapkan Al Khawarizmi dalam Al-Gebra. SMPIT Darul ‘Ilmi merupakan salah satu sekolah yang menjadikan bahasa Arab sebagai muatan lokal, sedangkan matematika sebagai mata pelajaran pokok seperti sekolah menengah lainnya, dengan demikian banyak siswa beranggapan matematika dan bahasa Arab mata pelajaran yang sulit difahami karenanya apakah ada hubungan antara prestasi mata pelajaran matematika dengan prestasi mata pelajaran bahasa Arab?
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu metode yang diperoleh berupa nilai-nilai yang dianalisis dengan statistik dengan subjek atau populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPIT Darul ‘Ilmi Bandar Lampung, sampel pada penelitian ini adalah kelas IX A sebanyak 19 siswa dan kelas IX B sebanyak 15 siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan dianalisis melalui analisis regresi dan korelasi dengan memanfaatkan program Minitab 16 sebagai alat bantu memperkuat dugaan penelitian antara dua variabel X dan Y.
Hasil penelitian diperoleh adanya nilai keeratan hubungan antara nilai mata pelajaran matematika dengan nilai mata pelajaran bahasa Arab yaitu 0,773 atau memilki keeratan yang kuat untuk nilai -1≤ r ≤ 1. Nilai koefisien determinasi = 59,7% menyatakan bahwa x dan y berhubungan secara linier dengan kualitas model = 59,7%.
Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan linier antara prestasi mata pelajaran matematika dengan prestasi mata pelajaran bahasa Arab kelas IX SMPIT Darul ‘Ilmi Kemiling Permai Bandar Lampung Tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: prestasi, korelasi, analisis, regresi, koefisien, determinasi, linier, dan simbol.
KATA PENGANTAR
(المقدمة)
Bismillaahirrohmaanirrohim.
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Atas petunjuk dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul: “Hubungan Antara Prestasi Pelajaran Matematika Dan Prestasi Pelajaran Bahasa Arab Kelas IX SMP Islam Terpadu Darul ‘Ilmi Kemiling Permai Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014”.
Sholawat dan salam senantiasa tetap tercurahkan kepada baginda agung kita nabiyullah Muhammad Saw, beserta keluarga, shahabat, dan orang-orang yang senantiasa selalu mengikuti dan menegakkan sunnah-sunnah beliau hingga akhir zaman.
Sehubungan dengan terwujudnya skripsi ini semuanya tidak terlepas dari upaya penulis secara optimal, sesuai dengan pengetahuan yang penulis miliki, dalam hal ini baik dari segi penulisan ataupun dalam penggunaan metodelogi penyusunannya. Oleh sebab itu kepada para pembaca, penulis mengharapkan kritik serta saran-saran yang bersifat konstruktif sebagai upaya dalam perbaikan dan penyempurnaannya.
UCAPAN TERIMAKASIH
(الشكر والتقدير)
Atas selesainya skripsi ini penulis mengucapkan jazakallah khairon katsiron serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1. Ustadz. Nurkholis, Lc., MA. Selaku Ketua STIT Darul Fattah Bandar Lampung dan sebagai pembimbimg II yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan memotivasi agar segera menyelasaikan skripsi ini
2. Bapak Drs. Rudi Ruswandi, M.Sc. Selaku Pembimbing I yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan dan semangat dalam menyelesaikan skripsi ini.
3. Ustadz. Hariri Kurniawan, M.Pd.I. Selaku Ketua Jurusan PBA yang telah memberikan saran dan masukan serta memotivasi penulis agar segera menyelesaikan skripsi ini.
4. Bapak Prof. Dr. Warsito, DEA selaku penguji pada munaqosyah akhir, yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan wawasan, saran dan masukan sehingga sangat membantu penulis untuk menyelesaikan skripsi ini dengan baik.
5. Bapak/Ibu Dosen. Terima kasih atas Ilmu yang telah diberikan kepada penulis.
6. Bapak Denny Harnova, S.Si selaku kepala sekolah SMPIT Darul ‘Ilmi yang telah memberikan izin kepada penulis untuk melaksanakan penelitian ini.
7. Kedua orang tua yang telah memotivasi penulis untuk segera menyelesaikan skripsi ini dengan dukungan doanya.
8. Guru dan Staf pengajar Sekolah SMPIT Darul ‘Ilmi yang telah memberikan kesempatan dan kerjasama yang baik dalam penelitian ini.
9. Siswa-siswi SMPIT Darul ‘Ilmi Kelas IX.
10. Semua pihak yang telah membantu.
11. Dan semua saudara, teman teman, yang selalu memberikan dukungan berupa motivasi dan doa.
Mudah-mudahan atas bantuan dari semua kalangan senantiasa Allah Swt akan memberikan pahala yang setimpal, dan juga atas nama pribadi, penulis mengucapkan banyak terima kasih semoga kita selalu diberikan kemudahan oleh Allah Swt. Harapan penulis semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan terlebih khusus bagi diri penulis pribadi.
Bandar Lampung, 11 Maret 2015
Penulis
Ahmad Khoiri
NPM. 20911104
DAFTAR ISI
(المحتويات البحث )
HALAMAN JUDUL (صفحة الموضوع)............................................................ i
LEMBAR PERNYATAAN (إقرار الطلبة)....................................................... ii
LEMBAR PERSETUJUAN (الموافقة) .......................................................... iii
LEMBAR PENGESAHAN (التصديق) ........................................................... iv
PEDOMAN TRANSLITERASI (الدليل الترجمة) ........................................... v
CURIKULUM VITE (السيرة الذاتية)............................................................... viii
MOTTO (الشعار) ............................................................................................. ix
PERSEMBAHAN (الاهداء)............................................................................. x
ABSTRAK (التجيرد والملخص) .......................................................................... xi
KATA PENGANTAR (الشكر والتقدير) ......................................................... xii
DAFTAR ISI (الفهرس) .................................................................................... xv
DAFTAR TABEL DAN GAMBAR (قائمة الجدوال و قائمة الصور) ................. xvii
DAFTAR LAMPIRAN (قائمة الملاحق) .......................................................... xviii
BAB I. PENDAHULUAN ( المقدمة )
1.1 Latar Belakang (خلفية البحث) .................................................... 1
1.2 Identifikasi Masalah (نوعية البحث) ............................................. 6
1.3 Rumusan Masalah (رمز المسألة)................................................... 6
1.4 Pembatasan Masalah (حدود البحث) ............................................ 7
1.5 Tujuan Penelitian (أهداف البحث) ................................................ 7
1.6 Manfaat Penelitian (أهمية البحث) ............................................... 8
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA ( الدراسة النظرية )
2.1. Prestasi Mata Pelajaran Matematika (الانجاز في مادة الرياضية) ..... 9
2.1.1 Pengertian Prestasi (تعريف الانجاز)...................................... 9
2.1.2 Pengertian Pelajaran Matematika (تعريف المادة الرياضية) ... 10
2.1.3 Pembelajaran Matematika (تعليم الرياضية)........................... 12
2.1.4 Indikator Pembelajaran Matematika(عوامل التعليم الرياضية) 13
2.2 Pengertian Bahasa Arab (تعريف اللغة العربية) ............................... 13
2.2.1 Pembagian Bahasa Arab (تقسيم اللغة العربية)...................... 16
2.2.2 Pembelajaran Bahasa Arab (تعليم اللغة العربية).................... 18
2.2.3 Indikator Pembelajaran Bahasa Arab
(عوامل التعليم اللغة العربية) .................................................... 20
2.3 Kerangka Pemikiran (هيكل الفكرية) ................................................ 20
2.4 Hipotesis (التحليل).......................................................................... 22
2.4.1 Hipotesis Umum (التحليل العام).......................................... 22
2.4.2 Hipotesis Penelitian (التحليل البحثية)................................... 23
BAB III. METODE PENELITIAN المنهج البحث ) )
3.1 Jenis Penelitian (نوع البحث) ........................................................... 24
3.2 Waktu dan tempat penelitian (زمان و مكان البحث).......................... 24
3.3 Sumber Data(مصادر البيانات) .......................................................... 24
3.4 Populasi dan Sampel(الأمثال) ......................................................... 25
3.5 Teknis pengumpulan data (تقنيات جمع البيانات).............................. 25
3.6 Teknis Analisis Data (تحليل البيانات المنهج) .................................... 26
BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN( البحث و النتائج)
4.1 Deskripsi Data (صورة البيانات)........................................................... 30
4.2 Pengujian Hipotesis (التحقيقة)......................................................... 31
4.3 Pembahasan (المبحث)..................................................................... 32
BAB V. PENUTUP (الخاتمة)
5.1 Simpulan (البحث نتائج)................................................................... 36
5.2 Saran (والتوصيات الاقترحات )............................................................ 36
DAFTTAR PUSTAKA (والمصادر المراجع قائمة)
LAMPIRAN (الملاحق)
DAFTAR TABEL
(قائمة الجدوال)
1. Tabel 2.2.1 Tabel contoh bahasa Arab fushah,‘amiah dan jahiliah.... 17
2. Tabel 2.2. Tabel cara ejaan bahasa Arab............................................. 18
3. Tabel 3.1 Analisis ragam (varians) untuk uji signifikansi regresi....... 29
4. Tabel 4.1 Tabel Nilai Matematika dan bahsa Arab ............................ 30
DAFTAR GAMBAR
(قائمة الصور)
1. Gambar 4.1 Dugaan model linier hubungan x dengan y................... 32
2. Gambar 4.2 ANOVA regresi linier sederhana.................................. 32
3. Gambar 4.3 Plot regresi analysis BAR versus MTK ........................ 33
4. Gambar 4.4 Analisis Varians (Anava) .............................................. 34
DAFTAR LAMPIRAN
(قائمة الملاحق)
1. Surat izin permohonan penelitian skripsi
2. Surat penerimaan permohonan penelitian skripsi
3. Surat keterangan penelitian
4. Plot regresi analysis BAR versus MTK
5. Daftar nama dan nilai BAR dan MTK peserta didik
6. Soal Matematika
7. Soal bahasa Arab
No comments:
Post a Comment