welcome

WELCOME TO PARA PENCARI ILMU.SITUS INI BERISI TENTANG; ILMU PENGETAHUAN, MAKALAH ILMIAH, ILMU TAJWID, KEISLAMAN, DLL.

Wednesday, March 9, 2016

CONTOH SKRIPSI BAHASA ARAB BAB I PENDAHULUAN (مقدمة) HUBUNGAN ANTARA PRESTASI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IX SMP ISLAM TERPADU DARUL ‘ILMI KEMILING PERMAI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014



BAB I
PENDAHULUAN
(مقدمة)


1.1  Latar Belakang   ( البحث خلفية)
Bahasa merupakan unsur kebudayaan yang lahir dari kebutuhan dasar manusia dalam meningkatkan peradabannya. Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi antar manusia  juga berperan sebagai alat berpikir, mengungkapkan prasarana dan pemersatu umat manusia. Demikian pula dengan bahasa Arab, selain seperti yang diuraikan di atas bahasa Arab berfungsi pula sebagai lambang agama karena mayoritas pengguna bahasa Arab adalah pemeluk agama Islam .

Banyak ilmuan Arab yang menulis temuannya dengan menggunakan bahasa dan simbol simbol Arab salah satunya adalah ilmu matematika, pada awalnya matematika dikembangkan dari hasil riset para ulama atau cendikiawan muslim, Salah seorang ilmuan matematika islam yang terkenal adalah Al-Khawarizmi. Ia- adalah seorang pengarang kitab Al-Gebra (yang dikenal dengan nama Al-Jabar), dan ahli dalam bidang matematika yang menemukan angka nol (0), sedangkan angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 0, disebut  angka Arab (Arabic Numeric/الارقام العربية). Dari sinilah ilmu matematika terus dikembangkan dari satu generasi ke generasi berikutnya, sehingga matematika merupakan ilmu dasar atau pelajaran pokok yang dipelajari sampai sekarang.
Seperti contoh lain di buktikan dalam Al-Quran terdapat dalam beberapa ayat , yang menyebutkan bilangan, ukuran dan hitungan.
Q.S Al Qomar Ayat 49 tentang ukuran.
$¯RÎ) ¨@ä. >äóÓx« çm»oYø)n=yz 9ys)Î/
Artinya : “Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu dengan ukuran” (Q.S Al Qomar 54:49)
Q.S Ar Rahman ayat 5 tentang tahun, bulan, dan hari:

ߧôJ¤±9$# ãyJs)ø9$#ur 5b$t7ó¡çt¿2
Artinya: “Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.” (Q.S Ar Rahman 55:5)

Q.S Yusuf ayat 4 tentang bilangan 11:
øŒÎ) tA$s% ß#ßqムÏmÎ/L{ ÏMt/r'¯»tƒ ÎoTÎ) àM÷ƒr&u ytnr& uŽ|³tã $Y6x.öqx. }§ôJ¤±9$#ur tyJs)ø9$#ur öNåkçJ÷ƒr&u Í< šúïÏÉf»y
Artinya : Ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, Sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku."(Q.S yusuf 13 : 4)

Quran Surat Annisa 4 : 11
ÞOä3ŠÏ¹qムª!$# þÎû öNà2Ï»s9÷rr& ( ̍x.©%#Ï9 ã@÷VÏB Åeáym Èû÷üusVRW{$# 4 bÎ*sù £`ä. [ä!$|¡ÎS s-öqsù Èû÷ütGt^øO$# £`ßgn=sù $sVè=èO $tB x8ts? ( bÎ)ur ôMtR%x. ZoyÏmºur $ygn=sù ß#óÁÏiZ9$# 4 Ïm÷ƒuqt/L{ur Èe@ä3Ï9 7Ïnºur $yJåk÷]ÏiB â¨ß¡9$# $£JÏB x8ts? bÎ) tb%x. ¼çms9 Ó$s!ur 4 bÎ*sù óO©9 `ä3tƒ ¼ã&©! Ó$s!ur ÿ¼çmrOÍurur çn#uqt/r& ÏmÏiBT|sù ß]è=W9$# 4 bÎ*sù tb%x. ÿ¼ã&s! ×ouq÷zÎ) ÏmÏiBT|sù â¨ß¡9$# 4 .`ÏB Ï÷èt/ 7p§Ï¹ur ÓÅ»qム!$pkÍ5 ÷rr& AûøïyŠ 3 öNä.ät!$t/#uä öNä.ät!$oYö/r&ur Ÿw tbrâôs? öNßgƒr& Ü>tø%r& ö/ä3s9 $YèøÿtR 4 ZpŸÒƒÌsù šÆÏiB «!$# 3 ¨bÎ) ©!$# tb%x. $¸JŠÎ=tã $VJŠÅ3ym
Artinya : Allah mensyari'atkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. Yaitu : bagian seorang anak lelaki sama dengan bagian dua orang anak perempuan dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua, Maka bagi mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja, Maka ia memperoleh separo harta. dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapanya (saja), Maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, Maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu. ini adalah ketetapan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.(Q.S Annisa 4 : 11)

Ayat yang menjelaskan tentang perkalian atau kelipatan Q.S Al Baqarah 261

ã@sW¨B tûïÏ%©!$# tbqà)ÏÿZムóOßgs9ºuqøBr& Îû È@Î6y «!$# È@sVyJx. >p¬6ym ôMtFu;/Rr& yìö7y Ÿ@Î/$uZy Îû Èe@ä. 7's#ç7/Yß èps($ÏiB 7p¬6ym 3 ª!$#ur ß#Ï軟Òム`yJÏ9 âä!$t±o 3 ª!$#ur ììźur íOŠÎ=tæ
Artinya : perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui (Q.S  Al Baqarah 2 : 261)


Ayat yang bergaris bawah, diantaranya menunjukkan bilangan, hal ini membuktikan bahwa Al Quran sudah memberikan pelajaran tentang bilangan angka yakni pelajaran matematika yang kemudian banyak dikembangkan oleh ilmuan dalam teori Al Jabar dengan menggunakan  bahasa Arab. Wawasan pendidikan matematika sangat penting  bagi peserta didik karena materi ini membawa peserta kepemahaman tentang karakteristik matematika yang memiliki objek abstrak, bertumpu pada kesepakatan dan pola pikir deduktif.
Tetapi, matematika sering kali disalahartikan oleh sebagian pelajar, dan dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak menyenangkan, yang lumayan rumit, sama halnya dengan mata pelajaran bahasa Arab tidak hanya kosa katanya yang asing melainkan hurufnya berbeda dengan huruf latin, dan mata pelajaran ini juga menggunakan rumus-rumus yang sering disebut dengan istilah “qawa’idul lughawiyah (nawu sharaf)” yang juga menjadi salah satu pelajaran yang rumit di fahami.

Kenyataan ini tidak jarang berubah menjadi suatu kebencian terhadap apa saja yang berhubungan dengan matematika dan bahasa Arab, bahkan sebagian peserta didik  menganggap bahwa matematika dan bahasa Arab kurang bermanfaat dalam kehidupan sehari hari mereka, dan dengan adanya persamaan tingkat kesulitan antara dua mata pelajaran “matematik dan bahasa Arab”. Hal ini tidak jarang pula timbul pertanyaan bahwa apa sebenarnya hubungan  matematika dengan Pelajaran bahasa Arab?.

Namun tanpa disadari oleh banyak kalangan pelajar bahwa matematika memiliki keterkaitan yang luar biasa dengan mata pelajaran lain khususnya bahasa Arab dalam segi ilmu pengetahuan, karena matematika sebagai ratu atau ibunya ilmu, yang dimaksud adalah bahwa matematika adalah sebagai sumber dari ilmu yang lain. Hal ini, mendorong  penulis untuk mengkaji lebih dalam dan berusaha memahami tentang sejauh mana hubungan Prestasi Mata Pelajaran matematika dengan Prestasi mata pelajaran bahasa Arab dalam segi pencapaian hasil nilai ujian akhir semester peserta didik, agar hal ini juga menjadi pandangan bagi penulis. Matematika dan bahasa Arab sering dijadikan momok oleh peserta didik karena mereka kesulitan untuk mempelajarinya sehingga dalam pelaksanaan ujian akhir semester peserta didik muncul rasa ketakutan serta tidak percaya diri dalam mengerjakan soal ujian dan akhirnya banyak peserta didik yang menggantungkan dan menunggu jawaban dari peserta didik lain yang dianggap lebih bisa.

Demikian pula yang dialami oleh siswa-siswi  SMPIT Darul Ilmi, mereka mengakui bahwa kedua mata pelajaran ini memang sulit, akan tetapi mereka tidak menggantungkan dan menunggu jawaban dari peserta didik lain yang dianggap bisa sehingga menjadikan nilai mereka baik, oleh karena itu penulis mempunyai ketertarikan untuk mencoba belajar dari mereka dan meneliti hasil nilai yang dicapai oleh peserta didik itu asli dari tingkat kemampuan individu mereka dalam hal memahami kedua mata pelajaran matematika dan bahasa Arab tersebut.

Jadi penulis tertarik untuk meneliti hubungan  nilai mata pelajaran matematika dan bahasa Arab yang asli tanpa manipulasi nilai ujian akhir semester (UAS) tersebut dari guru mata pelajaran yang mengampu. Penelitian ini berjudul HUBUNGAN ANTARA PRESTASI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS IX SMP ISLAM TERPADU DARUL ‘ILMI KEMILING PERMAI BANDAR  LAMPUNG  TAHUN PELAJARAN 2013/2014 M.



1.2  Identifikasi Masalah (البحث نوعية)

Dari latar belakang masalah di atas penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut:
1. Adanya kesamaan dalam tingkat kesulitan siswa dalam mempelajari                                           mata pelajaran matematika dan bahasa Arab
2.  Matematika dan bahasa Arab keduanya mempunyai kesamaan sebagai alat untuk memahami Al Qur an
1.3 Rumusan Masalah ( المسألة رمز )
Berdasarkan latar belakang dengan identifikasi masalah, maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut:

Apakah ada hubungan antara prestasi mata pelajaran matematika dengan prestasi mata pelajaran bahasa Arab di kelas IX SMP Islam Terpadu Darul ‘Ilmi Kemiling Permai Bandar  Lampung  tahun pelajaran 2013/2014 M ?







1.4  Pembatasan Masalah  ( البحث حدود )
Mengingat keterbatasan yang ada pada penulis, baik kemampuan, waktu, dana dan semua penunjang dalam penelitian, dan supaya tidak terjadinya kesimpangsiuran, penulis membatasi masalah terkait dengan latar belakang tersebut. Oleh karena itu peneliti menetapkan judul “Hubungan antara Prestasi Mata Pelajaran Matematika dengan Prestasi Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas IX SMP Islam Terpadu Darul ‘Ilmi   Kemiling Permai Bandar  Lampung  Tahun Pelajaran 2013/2014 M”.

1.5 Tujuan Penelitian (البحث أهداف )
Sesuai dengan judul yang telah diangkat oleh peneliti, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui:
Ada atau tidaknya hubungan antara prestasi mata pelajaran matematika dengan prestasi mata pelajaran bahasa Arab di kelas IX SMPIT Daarul ‘Ilmi Kemiling Permai Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014.





1.6  Manfaat Penelitian  (البحث أهمية )
Adapun manfaat penelitian ini diantaranya:
1.      Sebagai khazanah ilmu tentang hubungan antara hasil pembelajaran matematika dan bahasa Arab.
2.      Bagi guru, sebagai masukan positif dalam meninjau hubungan antara hasil belajar matematika terhadap hasil belajar bahasa Arab.
3.      Bagi sekolah, memberikan sumbangan pemikiran dalam upaya mengadakan perbaikan mutu pembelajaran matematika dan bahasa Arab.
4.      Bagi peneliti, diharapkan dapat menjadi sarana pengembangan diri, menambah pengetahuan terkait penelitian, serta berguna bagi para peneliti selanjutnya pada penelitian yang sejenis.




No comments:

Post a Comment