welcome

WELCOME TO PARA PENCARI ILMU.SITUS INI BERISI TENTANG; ILMU PENGETAHUAN, MAKALAH ILMIAH, ILMU TAJWID, KEISLAMAN, DLL.

Wednesday, March 16, 2016

APAKAH ALLAH MENCIPTAKAN KEMISKINAN ??? ...






Untuk menjawab pertanyaan dari judul artikel kali ini, kita membutuhkan kajian yang bersumber dari al-Quran, karena banyak manusia yang mengeluh dengan ungkapan "miskin", misalnya: “Negara Miskin, Keluarga Miskin, Orang Miskin”, karenanya artikel ini ingin menjawab apakah benar Allah menciptakan kemiskinan bagi manusia.
Allah berfirman dalam Q.S Anajm: 43-48

وأنه هو أضحك وأبكى ©  وأنه هو أمات وأحيا  ©  وأنه خلق الزوجين الذكر والأ نثى ©  من نطفة إذا تمنى ©
  وأ ن عليه النشأة الأخرى  ©  وأنه هو أغنى وأقنى ©
 
Artinya: “Dan sesungguhnya dia yang menjadikan tertawa dan menangis,dan sesungguhnya dia yang mematikan dan menghidupkan, dan sesungguhnya dialah yang menciptakan pasangan laki-laki dan perempuan, dari mani apabila dipancarkan, dan sesungguhnya dialah yang menetapkan penciptaan yang lain (kebangkitan setelah mati), dan sesungguhnya dialah yang memberikan kekayaan dan kecukupan”. (Q.S Anajm:43-48)
Dari ayat di atas kita bisa simpulkan bahwa:
1. lawan kata dari tertawa adalah menangis ayat: 43

2. lawan kata dari mati adalah hidup ayat: 34

3. lawan kata dari laki-laki adalah perempuan ayat: 3

4.  lawan kata dari kekayaan adalah kecukupan  ayat: 48

Banyak orang yang memahami bahwa lawan kata dari kekayaan adalah kemiskinan, namun Allah menyangkal dengan firmanNYA yang agung, di sebutkan dalam ayat ke 48 surat Annajm, Allah tidak menciptakan kemiskinan, justru Allah menciptakan kecukupan kepada manusia yang selalu bersyukur kepana ni’mat-ni’mat yang diberikan oleh Allah kepada manusia.
Sudah jelas jawaban dari pertanyaan yang ada pada judul artikel di atas bahwa Allah tidak menciptakan kemiskinan akan tetapi Allah menciptakan kecukupan, semoga kita semua menjadi orang yang selalu bersyukur atas ni’mat-ni’matNYA yang di berikan kepada kita semuanya amiiin.







4 comments:

  1. Replies
    1. Semoga kita selalu d berikan kekuatan iman dan taqwa dan selalu menjadi orang yang bersyukur atas ni'mat yang Allah berikan .. Aamiiin.

      Delete
    2. Semoga kita selalu d berikan kekuatan iman dan taqwa dan selalu menjadi orang yang bersyukur atas ni'mat yang Allah berikan .. Aamiiin.

      Delete