welcome

WELCOME TO PARA PENCARI ILMU.SITUS INI BERISI TENTANG; ILMU PENGETAHUAN, MAKALAH ILMIAH, ILMU TAJWID, KEISLAMAN, DLL.

Friday, March 11, 2016

TIPS DAN MOTIVASI MENGHAFAL AL QURAN


TIPS DAN MOTIVASI MENGHAFAL AL QURAN
            Di zaman yang serba elektronik, serba mesin, dan alat canggih lainnya yang ada pada zaman moderen ini, banyak orang-orang yang membuka hp dan yang semisalnya dari pada membuka al-Qur an.
Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya barang siapa yang dalam dirinya tiada bacaan al quran maka ia seperti halnya rumah yang roboh”


            Banyak umat muslim yang hidup di dunia ini, berapa banyak orang yang bisa membaca al-Quran, dari sekian banyak yang bisa membaca al-Quran, berapa banyak yang mau membuka dan bisa membacanya, dari sekian banyak yang bisa membaca al-Quran, berapa banyak yang menghafalnya, dari sekian banyak orang yang membaca dan menghafalnya, berapa banyak orang yang memahami isi al-Quran, dari sekian banyak yang bisa memahami isi al-Quran, berapa banyak yang mengamalkan isi kandungan al Quran, sungguh sangat sedikit sekali dari sekian banyak umat islam di dunia ini yang bisa dan mau membaca, memahami, mengamalkan, dan bahkan yang mau menghafalkan kitab suci mereka.
            Sungguh sangat beruntung bagi seorang muslim yang bisa dan mau membaca kitab sucinya yaitu al-Quranulkariem, dan sampai mau menghafalnya.
“Sabda Nabi Muhammad saw: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi)”. 
            Dizaman akhir ini, kita bisa melihat, para orang tua lebih resah kalau anaknya tidak bisa matematika atau bahasa Inggris, ketimbang tidak tahu Al-Quran. Padahal, itu adalah keluarga Muslim. Padahal sudah pasti hanya Al-Quran lah sebagai petunjuk hidup kita.
            Ketika zaman sudah tua seperti ini selayaknyalah kita sebagai orang Islam ketika kita melihat sangat jarangnya umat yang hafal al-Quran dari umat islam sekarang, kita harus mulai kembali menanamkan azam dan niat, tekad dan keinginan untuk mulai menghafal Al-Quran.
 Sabda Nabi Muhammad saw: “Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih)”.

A. Beberapa hadist yang menjadi motivasi dan menjelaskan tentang keutamaan bagi  orang yang membaca dan menghafal al-Quran:
1. Sabda Nabi Muhammad saw: “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari)
2. Sabda Nabi Muhammad saw: “Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim).
3. Sabda Nabi Muhammad saw: “Bacalah al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim) Dan sabda beliau Nabi Muhammad saw: “Puasa dan Al-Qur’an keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…” (HR. Ahmad dan Al-Hakim)
 4. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra yang maksudnya: “Bahwa Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang medengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.”
5. Nabi Muhammad saw bersabda maksudnya: “Siapa yang membaca Al-Qur’an dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (al-Qur’an).” (HR. Abu Daud).
6. Bersabda Rasulullah saw yang maksudnya: Dikatakan kepada pembaca al-Qur,an: “Bacalah (al-Qur’an), naiklah (pada darjat-darjat syurga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil didunia. Sesungguhnya kedudukan drajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad).
7. Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang membaca satu huruf kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).
8. Rasulullah saw bersabda: “Orang yang membaca Al-Qur’an terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Qur’an secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i, lihat shahihul jaami’:3105).
9. Sabda Rasulullah saw,”Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi)
10.Sabda Rasulullah saw,”Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia.’ Beliau saw ditanya,’Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau saw menjawab,’mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)
Dari beberapa hadist diatas yang menjadi motivasi dan menjelaskan keutamaan-keutaman  bagi orang yang membaca dan menghafal al-Quran, kita tentunya sebagai muslim harus mempunyai tekat yang kuat untuk menghafal al-Quran dengan baik.

            Banyak orang yang mengatakan menghafal al-Quran itu sulit, pusing, susah, dll, namun beda apa yang dikatakan oleh al-Quran itu sendiri, al-Quran menyebutkan bahwa Allah telah memudahkan al-Quran untuk dipelajari, Allah berfirman:
وَلَقَدْ يَسرْناَ اْلقُرْآنَ لِلذِكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَكِرٍ
Artinya: Dan sungguh telah kami mudahkan al-Quran untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? (Q.S al-Qomar:22)

B. Tips menghafal Al-quran agar tidak mudah lupa
Ada beberapa tips supaya kita bisa lebih mudah menghafal al-Quran dengan mudah dan tidak mudah lupa di antaranya: 

a.    Niat dengan ikhlas menghafal firman Allah swt.
b.    Bersabar
c.    Suci dari hadas kecil dan hadas besar
d.    Membaca ta’awudz dan basmallah
e.    Berdoa kepada Allah swt.
f.      Menghadap kiblat ketika menghafal
g.    Ta’dzim terhadap al-quran (tidak tertawa, bicara, makan, dan minum saat menghafal al-quran)
h.    Fokus terhadap ayat yang dihafal
i.      Berhenti ketika mau buang angin,buang air kecil maupun buang air besar
j.      Membaca ayat yang akan dihafalkan secara berulang-ulang
k.    Tikrar (mengulang-ulang ayat yang telah di hafalkan)
l.      Sudah memahami hukum-hukum tajwid secara teori maupun praktek
m.  Sudah mampu membaca al-quran dengan lancar, fasih, baik dalam melafalkan makharijul huruf hijaiyah didalam al-Quran
n.    Istiqomah
o.    Memilih tempat yang nyaman untuk menghafal
p.    Memilih waktu menghafal (di khususkan)
q.    Jangan gonta ganti mushaf yang digunakan untuk menghafal
r.     Jauhi ma’siat perbanyak istighfar
s.     Sungguh-sungguh

Banyak cara menghafal al-Quran, kita tinggal memilih salah satu diantaranya yang paling cocok dengan keinginan kita sehingga membuat diri kita nyaman ketika menghafalkan al-Quran.



C. Teknik menghafal dengan metode membaca 60 kali baca (tikrar)
  
1. Pilih ayat yang akan di hafal

2. Bacalah ayat tersebut sebanyak 60 x sampai setengah hafal
3. Tutup al-Quran dan cobalah membaca tanpa melihat al-Quran
4.  Jika anda sudah hafal ayat pertama yang dihafalkan maka ulangilah ayat tersebut sebanyak 60x tanpa melihat al-quran
5.  Jika ayat pertama sudah lancar maka anda boleh menambah hafalan ayat kedua dengan cara sama dengan cara menghafal ayat pertama
6.   Jika anda sudah hafal ayat kedua maka ulangilah ayat pertama dan ayat kedua sebanyak 60x (tidak boleh menambah hafalan sebelum benar benar hafal)
7.  Jika anda sudah hafal ayat petama dan ayat kedua, silahkan menambah hafalan dengan ayat berikutnya dengan cara yang sama, dan begitupun seterusnya.
8.  Jika sudah hafal ayat 1-2-3 maka ulangi ayat1-2-3 sebanyak 60 kali, jika sudah hafal silahkan menambah ayat ke 4 sebanyak 60 kali, dan jika anda sudah lancar maka ulangi kembali ayat 1-2-3-4 sebanyak 60 kali dan begitupun seterusnya.
9.  Jika ayatnya panjang potonglah ayat yang akan dihafal sesuai dengan waqof atau sesuai kemampuan yang anda inginkan.
10. Istiqomah dan harus ada orang yang menyimak bacaan dan hafalan anda supaya ada yang mengoreksi hafalan anda




      D. Memelihara Hafalan 


1. Luangkan 1 waktu khusus untuk muraja’ah hafalan dalam sehari semalam   misalnya: menghafal pada waktu pagi dan mengulangnya pada waktu malam
2.  Setorkan hafalan anda kepada orang yang anda anggap menguasai hukum bacaan al-Quran, misal: guru, teman, orang tua, saudara, dll, untuk mencegah kesalahan bacaan yang anda hafalkan
3.  Lakukan muraja’ah dengan istiqomah
4.  Jauhi ma’siat dan perbanyak istighfar
5. Lakukan sholat tahajud dan bermunajatlah kepada Allah SWT, agar dimudahkan dalam menghafal al-Quran dan menjaga hafalannya supanya tidak mudah lupa
6. Niatkan menghafal hanya karna Allah semata.

                         

                             (SELAMAT  MENCOBA  DAN SEMOGA  BERKAH)

Top of Form

3 comments:

  1. Siiip. Ini dian pahang kan? Kapan bisa ngajarin ngblog yang bagus niih...

    ReplyDelete
  2. Siiip. Ini dian pahang kan? Kapan bisa ngajarin ngblog yang bagus niih...

    ReplyDelete