welcome

WELCOME TO PARA PENCARI ILMU.SITUS INI BERISI TENTANG; ILMU PENGETAHUAN, MAKALAH ILMIAH, ILMU TAJWID, KEISLAMAN, DLL.

Monday, October 17, 2016

BISNIS DENGAN ALLAH

BISNIS DENGAN ALLAH

Setiap manusia memiliki kecendrungan berusaha atau berbisnis, untuk mendapatkan keuntungan. bicara tentang  untung rugi, maka Allah menegaskan dalam Al Qur an surat Attaubah ayat 111:

إِنَّ اللَّهَ اشْتَرَىٰ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنْفُسَهُمْ وَأَمْوَالَهُمْ بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ ۚ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَيَقْتُلُونَ وَيُقْتَلُونَ ۖ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِي التَّوْرَاةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْقُرْآنِ ۚ وَمَنْ أَوْفَىٰ بِعَهْدِهِ مِنَ اللَّهِ ۚ فَاسْتَبْشِرُوا بِبَيْعِكُمُ الَّذِي بَايَعْتُمْ بِهِ ۚ وَذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

 Artinya: "sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu'min, diri dan harta mereka dengan memberikan sorga untuk mereka. mereka berperang dijalan Allah lalu mereka membunuh atau terbunuh. itu telah menjadi janji yang benar dari Allah didalam Taurat, Injil, dan Al-Qur an. Dan siapa yang lebih menepati janjinya selain daripada Allah? maka bergembiralah dengan berjual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar". (Q.S : Attaubah:111)

Dari ayat di atas bisa kita fahami pertama: bahwa Allah akan membali produk-produk dari orang mukmin berupa jiwa dan harta, dan Allah akan membelinya dengan harga yang sangat mahal sekali. yakni surga.
 kedua: Allah memberikan modal usaha kepada manusia untuk dikelola sebaik mungkin, agar menghasilkan keuntungan yang besar. Modal yang diberikan Allah berupa, kesehatan, kenikmatan, kesempatan, ilmu, dll.Allah yang telah memberikan modol usahanya dan Allah pula yang akan membeli produknya.
ketiga: Bahwa berbisnis dengan Allah tidak akan pernah rugi, bahkan akan berlipat-lipat keuntungannya.

Lalu apa saja sih produk-produk yang mau Allah beli ???...

Tentang produk-produk yang akan Allah beli, Allah menegaskan dalam Al Qur an surat Attaubah ayat 112. Apa saja sih yang Allah senangi sehingga Allah berminat membelinya.

 التَّائِبُونَ الْعَابِدُونَ الْحَامِدُونَ السَّائِحُونَ الرَّاكِعُونَ السَّاجِدُونَ الْآمِرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّاهُونَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَالْحَافِظُونَ لِحُدُودِ اللَّهِ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ
Artinya: "Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang mengembara(demi ilmu dan agama), yang ruku', yang sujud, yang menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu". (Q.S Attaubah : 112) 

Ayat di atas menyebutkan beberapa produk yang allah akan beli dengan harga yang sangat mahal kepada orang mu'min. dan jelas tidak akan rugi jika seorang mu'min berbisnis dengan Allah. 

Produk-produk yang Allah beli dari orang mu'min:
1. Taubat. 
2. Ibadah
3. Pujian kepada Allah
4. Menuntut ilmu
5. Rukuk
6. Sujud
7. Amar ma'ruf
8. Nahi munkar
9 Memelihara hukum-hukum Allah

Setelah kita mengetahui produk yang Allah senangi, marilah kita berlomba-lomba untuk mendapatkan keuntungan yang besar berbisnis dengan Allah S.W.T.yang tidak  pernah ada ruginya.

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment